Kamis, 18 April 2013

Thanks God I'm IESP

Pertama-tama aku mau berterima kasih banget sama Allah SWT yang berkenan ngasih aku jalan sampe aku bisa masuk IESP. Terima kasih sama orang tua ku yang sangat-sangat percaya sama aku, ngijinin aku buat ambil keputusan apapun yang aku suka. Tunggu. Apa masih ada yang gak tau IESP itu apaan? sini mendekat biar aku tinju,,hehehe nggak deeng cukup di dunia nyata aja aku galak, di blog aku berhati ibu peri.. loh??
IESP in the other word, I mean impressive word is Economics of Development Studies. Iyee ilmu ekonomi studi pembangunan,, yang orang-orang suka bilangnya ekonomi pembangunan dan dikira bakal jd tukang mbangun2 apa gitu,, siaul ember.

Oiya td lagi cerita orang tua ku itu orang tua paling baik sedunia, buktinya mereka ngijinin aku masuk IESP tanpa wawancara apapun, tanpa tau popularitas itu jurusan, akreditasinya, blablabla, pokoknya mereka terserah aku aja. Riwayat pendidikanku itu, tanpa TK ujug-ujug (mak bedudunduk) (baca: tiba-tiba) masuk SD abis kata mama dulu gak punya uang buat nyekolahin TK, alhamdulillah gak bisa TK tp bisa kuliah. terus aku masuk SD negeri biasa di kampung deket rumahku,, SMP aku bercita-cita masuk SMP favorit tapi apa daya gak lulus tes jadilah aku sekolah di SMP swasta tapi kecee, namanya SMP Madinatul Hadid. Berawal dari kegagalanku masuk SMP favorit, aku bertekad gak akan gagal lagi masuk SMA favorit, alhamdulillah aku bisa jadi lulusan terbaik ke-dua se SMP ku *pasang muka sombong sambil kipas2* walaupun orang-orang cenderung gak punya waktu untuk mengingat yang kedua. Dan aku berhasil diterima di SMA Negeri 1 Kota Cilegon sampe akhirnya pas acara perpisahan dapet plakat penghargaan sebagai siswa terbaik IPS, dan jadi teteh tercantik. Eh ini serius, waktu itu emang ada pemilihan teteh tercantik dan aku jadi salah satu kandidat,, dan dipilihnya vote via sms gitu (aaak sumpah malu bannget nyeritainnya,, gelii) tapi ini beneran. Dan sumpah ya demi apa anak Smancil waktu itu pada kurang vitamin A apa gimana gw gak tau yang jelas gw menang men, hahaha,, akupun dipanggil ke atas panggung,, waktu itu aku lagi di kantin kan makan,, untungnya aku dulu belom narsis dan bener2 gak mau naik panggung,, coba kalo waktu  itu aku naik panggung, mau jadi apa negara ini,, hahahaha. Njut lanjut,, aku bercita2 dari orok pingin banget masuk univertitas tiiiit,, dan kegagalanku berulang jadilah aku terdeportasi ke Semarang dan dengan lemes aku bilang kalo aku mahasiswa IESP Fakultas Ekonomi UNDIP. Singkatnya aku patah hati waktu itu.

Aku lupa waktu SD aku termasuk berprestasi apa nggak, tapi aku rajin belajar kok dan dari SD aku emang gak mau nyontekin orang,, SMP anjrit gw eksis banget,, haha ya kaliii. SMA,, taun pertama ancur banget, adaptasi ku gagal, nilai ulangan matematika 15 dari 100, bayangin! aku cuma jadi mantan anak pinter. N its so hurt. Di situ aku mulai cari jati diri,, aku ini kenapa sebenernya, gimana cara ngembaliin diri aku yang dulu, gimana aku bisa berprestasi lagi,,, sampe akhirnya tahun yang pahit itu berlalu, aku tau aku harus masuk IPS bukan karna aku gak mampu jadi anak IPA, tapi karna aku suka belajar IPS, aku suka ekonomi dan bukan karna lebih gampang dari kimia atau fisika tp ya karna aku suka aja udah. Waktu aku bilang orang tua ku aku pingin masuk IPS, ortu ku tanya kenapa, aku jawab, dan mereka bilang, oke yaudah. Sementara ada beberapa temenku yang sampe2 harus mendatangkan ortunya ke sekolah demi minta dimasukkan ke IPA meski nilainya gak cukup buat masuk IPA, emang kenapa sih masuk IPS njijiki apa, heran. Lagi2, untung ortuku baik dan sangat demokratis, kecuali untuk kasus yg belakangan ini tejadi, ups cukup. Menurutku akan lebih malu kalo demi gengsi harus masuk IPA biar dibilang pinter terus pas kuliah ambil studi yang ekonomi atau berbau sosial gitu. orang justru tau kalo kamu gak punya tujuan hidup. Oke cukup ngamuknya.
Pas SMA aku sering jalan2 loh, jarang sekolahnya malah,,hehe gak gitu juga si,, aku kan ikut pembinaan ekonomi jadi suka didelegasiin kalo ada lomba2 gitu,, lumayan laah bisa nyumbang beberapa piala buat sekolah ama temen2. bisa nyumbang dompet juga,,hehe.. Nah dari pembinaan olimpiade ekonomi ini, aku belajar ekonomics, akuntansi, manajemen,, dan aku ngerasa passionku ya di ekonominya, bukan manajemen atau akuntansi, lebih asik aja lebih seru lebih banyak pertanyaannya menurutku. Guru yang jadi pembinaku juga alumnus IESP loh, guru teladan sepanjang SMA, namanya Ibu Rachmadeni Restu Luhung, masih hafal banget aku sama namanya,, aku jadi kangen beliau, semoga beliau sehat dan bahagia selalu, aamiin,, doa buat semua guru2ku lainnya juga. Dari dulu aku seneng jadi murid berprestasi, bukan buat menyombongkan diri tapi buat nyenengin ortuku aja. Aku orangnya suka sekolah, les, pokoknya yang belajar2 gitu dan aku pingin kalo ortu yg nyekolahin aku juga suka nyekolahin aku karna aku berprestasi. hehe,, cuma sedikit upaya balas budi intinya. Oia tapi nilai UN ku biasa aja loh,, tapi aku tetep bangga karna itu hasilku sendiri. Aku bisa pastiin selama SD - kuliah aku gak pernah nyontek ataupun nyontekin, karna itu perintah bapakku dan aku suka ternyata ngejalaninnya. terima kasih bapak.

Kuliah,, hemm. Awal-awal kuliah samaa sekali gak ada seneng2nya,, masih karna patah hati tadi, hehe. Tapi aku tetep suka belajar ekonomi. Semester 1 wuzz IP aku 3,7 bukan karna aku pinter banget, cuma karna aku udah belajar materi kuliah ku pas pembinaan olimpiade ekonomi SMA sementara temen2 kuliahku masih jet lag,, Aku bukan pinter si sebenernya, buktinya kalo aku gak belajar IP ku jelek juga, 2,75 pas semester 3 (jangan bilang2 ortuku ya)hehe,,, habis itu aku tau aku gak pinter,, aku gak lagi2 deh males belajar. IESP suka di plesetin jadi ilmu ekonomi salah penjurusan lah sisa penjurusan lah,, kampret owg pancen. Padahal IESP itu yang bener Ilmu Ekonomi Spesifikasi Pejabat,, aamiin,, aku ga pingin jadi pejabat juga sih padahal hehe. Di UNDIP pas aku daftar kayaknya passing grade IESP emang lebih rendah dari 2 jurusan lainnya,, tapi aku tetep dong masukin IESP jadi pilihan pertama. Nah itu dia yang bikin orang2 yg pingin masuk FE tp jiper ama akuntansi n manajemen milih IESP jd opsi terakhir, makanya dibilang sisa penjurusan.

Sekarang, setelah hampir 4 tahun kuliah jadi mahasiswa IESP undip, aku bangga, bangga banget sama almamaterku. Aku janji aku akan bikin bangga almamaterku, one day.
Kenapa sih masih pada minder jadi anak IESP? IESP kan kece tauk. Sekarang pas udah skripsi aja aku baru sadar,, ibarat alat ngebencong (baca : make up) IESP itu kaya TWC (two way cake) alias bedak yang udah ada foundationnya, it's so compact and complete. Buktinya skripsi yang aku buat ini penelitian terdahulunya malah banyak yang aku dapet dari teknik sipil, temen kos ku anak peternakan bikin skripsinya ya kayak yang diajarin pas kuliah ekonomi pertanian gitu, mbak kos ku skripsinya basicnya ekonomi regional dan kayak punya anak planologi, udah gitu kita belajar matematika sampe 2, statistiik 2, masih plus ekonometri pula. Aku bilang barusan kayak anak teknik lah, peternakan lah, bukan kita gak punya jati diri,, tapi karna kita compact itu tadi. Jadi dari pada kuliah S1 teknik dan S2 nya manajemen, yang mana tidak ada hubungan sedarah,, atau kuliah double degree,, mending kuliah S1 IESP aja,, itu udah ibarat kuliah di banyak fakultas, Trust me it's work. loh? hehe...
Udah ah. Intinya sekarang aku bangga jadi anak IESP FEB UNDIP
mau teriak dulu,,, aaaaaaaaaaaaaaakkkk!!!

akhir kata, thanks God I'm IESP.

7 komentar:

  1. ahahaha, senangnya menemukan blog kakak kelas. halo kak dini! salam kenal. aku angkatan 2011 :D aku juga punya pemikiran yang sama nih. suka bete dianggep sebelah mata sama orang. tapi aku bakal nunjukin bahwa aku nggak salah pilih masuk iesp, aku bakalan jadi anak berprestasi dari jurusan ini. hahaha. semangat kak skripsinya!!!!!! God speed!

    BalasHapus
    Balasan
    1. haai adik kelas. haha #apasih.
      Terima kasiiih,, semangat juga yaa belajarnya.
      kalo ketemu dikampus sapa ya, bhihihik

      Hapus
    2. *tiga tahun kemudian*

      Lah, ternyata Mbak Dini tuh istrinya Mas Nailal Huda, ya? Aku pernah dengar nama itu setelah aku kuliah. Sekarang aku sedang skripsian, Mbak Dini. Semoga someday bisa ketemuuu ^^

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. panjang kali dongengnya bu, tp makasih sangat bermanfaat

    BalasHapus
  4. oya apa suka duka mempelajari iesp kak? trmksh

    BalasHapus

Halloo,, Terima kasih sudah mampir, Jangan lupa tinggalkan nama yaa