Minggu, 14 April 2013

Analogi Buruh Skripsi

Selamat malam.. kembali lagi aku mau bagi sisa makan malam ku hari ini. Masih cerita tentang si skripsyiii. Iya aku tau ini monoton. Biarin aja,, emang hidupku lagi monoton jeng,, mbolak-mbaliknya di situ2 lagi sampe suatu hari nanti aku jadi Dini Maulina, S.E. aamiin,, dan M.Sc,,aamiin, dan Ph.D,,aamiin ya robbal 'alamiin,, hehehe gak se-ngarep itu juga sih. Oke ini cita-cita klasik yang diidam-idamkan setiap orang yang kuliah atau sekolah, sebuah gelar atau ijazah. Mmm no no no,,hidup nggak sependek itu deh kayaknya. Aku emang sangat sedikit perfeksionis soal akademis si orangnya, walaupun ga berprestasi2 amat,,hehe tapi entah ya cita2 ku sebenernya dari proses bersekolah ini apa tapi yang jelas bukan sekedar nilai. Masih menurutku lagi, gunanya nilai apa sih? Bahkan gak berapa lama kemudian aja km sendiri udah lupa berapa nilai km, gimana orang lain?. Masih dibalik cita2 ku yg misterius itu,, yang selama ini aq kerjain selama bersekolah ya menjalankan proses itu sebaik mungkin, udah itu aja. Dan harapanku, semoga Allah pilihkan jalan terbaik juga buatku kelak,,aamiin.

Oiyaa mbak skripsyiii.. aku itu suka bermain2 analogi dan sekarang aku mau menganalogikan skripsi sama pacar, nah lo,, penasaran ama ceritanyaaa??  Saksikan di TKP. *efek OVJ road to Semarang* hahaha iyee malem ini simpang lima kaya posko banjir jakardah,, rame pol. Lanjut woy..
Selama proses berskripsi ria ini aku ngalamin banyak hal, susah senang yang banyakan susahnya,, sedih duka yang komplit dua-duanya, tapi alhamdulillah masa itu udah berlalu guys.  Kayak judul bukunya ibu Kartini, Habis gelap terbitlah terang,, pencerahan itu muncul juga walau tetep kadang ada kerikil dalam jalan ini. Iya itu wajar, biasa kale. Kesedihan yang sempet aku rasain itu akhirnya bikin aku sadar kalo mungkin kita (aku dan topik skripsi) sebenernya gak jodoh. Dan Allah selalu baik, manutup jalan kita, karna di sana ada jurang mungkin,, dan Dia ngasih jalan lain tentunya yang menuju kebahagiaan, selama kita percaya.
Perjalanan skripsiku sebenernya udah dimudahin banget lho, buktinya aku dapet dosbing yang dari semester 1 bahkan udah aku harap2in, sang pak profesor yang  luar biasa menurutku. Yup aku jatuh cinta pada pandangan pertama. Dosbingku ini termasuk salah satu dosen paling dihindari sama mahasiswa katanya si karna beliau perfeksionis dan terkenal lamaak bisa sampe ke persidangan. Tapi aku gak gentar sedikitpun, toh aku gak butuh nilai dari beliau, aku butuh belajar dari pribadinya. Karna bukan nilai yang bakal nentuin hidupmu selanjutnya tapi perubahan dlm diri kita sebagai hasil dari proses belajar itu.

Aksi Kelaparan Buruh Skripsi

Mana analoginya woy?? Oia,, ini ini,,

Hal yang pertama kali harus dilakukan oleh buruh skripsi adalah mencari tema (fokus) dari skripsinya, menurutku ini sama kayak kita lagi cari pacar,, kita perlu pendalaman materi a.k.a PDKT supaya bisa ngira2,, bakal cocok apa nggak, mungkin nggak km bisa ngejalanin hubungan ama dia, bakal langgeng sampe pelaminan (wisuda) apa nggak. Sama juga kayak pacaran, kalo udah dijalanin pasti akan ada kerikil2 di tengah perjalanan, berbagai kesulitan mungkin aja menyapa. Dan di saat2 itu biasanya terlintas pikiran untuk pindah ke lain hati, berangan-angan mungkin sama yang lain (ganti judul) akan lebih mudah, lebih menyenangkan. Jawabannya belum tentu. Setiap hubungan yang jalanin pasti ada permasalahannya masing2, tinggal gimana cara yang ngejalanin a.k.a buruh skripsi ini nyelesein masalahnya.

Menurut ku,, hubungan itu harus diawali dengan keyakinan dan keyakinan didapetnya dari proses kita memahami dong, belajar coy,, kamu harus tau pasti tentang penelitianmu ini dari A-Z, tugas dosbingmu itu mengarahkan lho bukan membuka jalan. Kalo udah gini,, kesulitan apapun pasti bisa dihadepin deh. Yang km harus percaya dari aku, jangan pernah tergoda akan sesuatu yang berlabel lebih mudah, karna yang lebih mudah yang lain masih banyak dan kalo kamu turutin mau sampe kapan? Km Cuma butuh fokus disini, kayak pacaran lagi,, orang yang setia inysallah dikasih kebaikan, kemudahan,, kalo emang harus putus (ganti judul) karna keadaan,, mmm,, contohnya kalo km ngambil tema tentang program kebijakan kayak RSBI terus tiba2 program itu dibubarkan mahkamah konstitusi *UPS CURHAT*  km gak lantas dendam dong ama mantan calon skripsi kamu. Selalu yakin kalo dia bukan yang terbaik buat km, maka akan digantikan dg yang emang terbaik buat kamu, percaya deh.  Kalo udah gini mudah2an hubungan kalian akan sampe ke pelaminan a.k.a wisuda. End. Oiya tunggu,, Dosbing jadi siapa dong kalo dalam dunia perpacaran? Mmm gimana kalo penghulu,, hehe kan beliau yang mengantarkan hubungan kalian ke pelaminan (wisuda).
Akhir kata,, untuk menyamangati diri sendiri dan buruh2 skripsi lainnya, Lebih cepat lebih baik,, lebih cepat wisuda lebih cepat bekerja, lebih cepat menikah,, haha yang ini profokasi.
Byee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halloo,, Terima kasih sudah mampir, Jangan lupa tinggalkan nama yaa