Rabu, 18 September 2013

Jerawat Lebayyy, Pergi gih!!

Assalamu'alaikuuuuum....
Hyaaa kangen sekali rasanya nulis di sini. Maklum lah saya sudah terlalu letih menulis untuk skripsi saya, hehe tapi alasan utamanya bukan itu si. Saya jadi males ngeblog berbyuti2 karna muka saya lagi gak ada byuti-byutinya sama sekali. Muka saya lagi kusyem jerawatan pula, semoga gak jadi syerem sih. Ahaha...

Baiklah,, ayuk deh saya ajak nostalgia mengunjungi wajah saya di masa-masa kejayaannya.

Kiri: Semester 1; Kanan: Semester 7
Sejarah

Saya sengaja ambil foto yang kelihatan tangannya untuk membuktikan kalo saya juga pernah putih, bukan mukanya doang kaya korban cream palsu,,hihihihi.. Tapi keputihan itu hanya bertahan sementara sodara-sodara. Semarang terlalu cetar kali ya panasnya sampe-sampe setelah beberapa tahun saya bisa hwireng (saking irengnya) begini. Kuping saya pun udah kebal denger orang bilang "kamu kok iteman,blablabla". Lo tanya gw, terus gw tanya siapa?hah!! Emang situ putih? sapi dong. Pengen banget ngamuk pokoknya kalo digituin. Kembaliin muka saya yang dulu Tuhan!! Pasti Allah bilang "udah gak ada stock, Nak". Sementara ini saya belum berani pake whitening-whitening gitu karna masih dalam proses penyembuhan jerawat. Katanya sih kalo lagi jerawatan pantang untuk usaha mencerahkan wajah, ntar tambah parah jerawatnya. Emang iya ya?

Tapi yaa,, cuma item aja harunsya saya masih bersyukur karna waktu itu biar item tapi gak jerawatan, masih mulus luss. Nyamuk yang mau gigit pipi saya masih bisa kepleset waktu itu. Soalnya dari jaman ABG saya emang jarang jerawatan, paling menjelang haid aja itu pun mereka masih sopan datengnya  satu-satu dan gak meninggalkan jejak. Eeh menjelang bulan ramadhan kemarin jerawatnya banyak banget untuk ukuran saya. Emang sih satu-satu datengnya, tapi yg satu belum ilang satunya dateng, begitu seterusnya sampe numpuk.

Yang bikin saya tambah stress menghadapi jerawat-jerawat itu adalah bekasnya bok. Ampun deh,, lama-lama jadi dalmantion juga ni saya totol-totol begini. Dulu jerawat saya gak pernah berbekas karna selalu diomelin mama kalo megang-megang jerawat, dan saya bisa menahan diri karna emang jerawatnya cuma satu dua. Sekarang begitu jerawatnya keroyokan, saya jadi suka ngeraba-raba jerawat ini, berharap mereka sudah musnah dari wajah saya. Lama-lama saya juga jadi gemes dan mulai gak sabar, saya suka mengeksekusi jerawat dengan paksa baik dengan kuku atau alat untuk komedo. Alhasil berbekas lah sudah.



Lihat kan, betapa jerawat itu sungguh nyampah di muka saya. Belom lagi ada flek hitam tuh di pipi kiri, masih ada jerawat yang ada matanya juga di hidung. Oia saya mau cerita tentang transformasi jerawat yang saya alami. Pas awal jerawat-jerawat ini mulai dateng, jenisnya tu yang agak gede, merah dan ada putih-putih di tengahnya. Sakit minta ampun emang, apa lagi paling sering nongol di sekitar hidung dan dahi, hidung saya emang minyakan lebay dari dulu. Nah, setelah saya mencoba obat jerawat ini itu, sembuh si yang besar-besar tapi habis lebaran jerawatnya jadi kecil-kecil dan banyak, bruntusan gitu di pipi. Emang sepintas gak kelihatan, tapi kalo diraba kemrosak banget.

Lalu Apa yang Saya Lakukan ??

Oke ini akan menjadi semacam review singkat tentang perjalanan saya membasmi jerawat, obat apa yang saya pakai, dukun mana yang saya datangi, Lho??

1. Evaluasi Penyebab Jerawat

Untuk mencari solusi yang tepat, kita harus tau dulu dong akar permasalahannya dari mana. Dari berbagai  sumber yang saya baca, ditambah dari websitenya ristra yang juga nyediain e-book dan artikel menarik, yang menjadi penyebab jerawat di luar faktor genetik dan hormonal, adalah seperti di bawah ini :

-Kosmetik atau skincare yang nggak cocok
Yang jadi tertuduh kala itu adalah cream nivea uv whitening. Tapi setelah pemakaiannya saya stop, jerawatnya masih gak bisa di stop juga. Kenapa bisa menimbulkan jerawat, kabarnya karena kosmetik yang nggak cocok akan menyumbat pori sehingga lahirlah jerawat itu.

Foto masih mulus
-Kurang tidur
-Stress
Iya banget,, saya yang lagi galau skripsi gonta ganti, kepikiran ini itu, stress jadi gak bisa tidur entah karna belajar atau cuma bengang-bengong susah tidur. Biasanya jam 1 malem baru bisa tidur padahal subuh udah harus bangun.

-Kondisi cuaca yang panas dan lembab
Kalo ini sih tanyakan aja pada rumput yang bergoyang juga tau,, semarang panasnya nampol. Karena itu, kelenjar minyak dan keringat jadi lebih aktif berproduksi, jadi wajah gampang ketempelan debu dan polusi.
 
-Rambut yang kotor dan berminyak
Rambut yang berminyak sangat mudah kotor karena debu dkk jadi gampang nempel ke rambut, nah rambut yang kotor itu, kalo panjang jadi akan menyentuh-nyentuh wajah kita, wajah jadi kena kuman-kuman itu deh. Saya sih pake jilbab, tapi saya emang gampang keringetan, belom lagi kosan saya bentuknya O jadi bukan seutuhnya dalam ruangan tertutup kaya rumah, bisa jadi debu dan polusi menyelinap ke dalem kos dan hinggap di rambut saya. Terus kan saya bobo-boboan di kasur, kumannya jadi nempel juga di sprei, spreinya kena muka saya, Jerawat!

Oia saya inget pas baca blog mbak Mizha, yang harus diperhatiin bagi muslimah yang berjilbab adalah kebersihan inner (daleman jilbab), inner apa aja, mau topi apa ninja atau renda,, semuanya langsung melekat di kepala dan bagian wajah, so pastikan inner selalu dalam keadaan bersih dan rajin ganti.
 
-Kulit yang kotor 
Masalah, rambut, sprei, inner, dll yang harus bersih tentu tujuannya supaya kulit (wajah) kita gak terkontaminasi dengan bakteri penyebab jerawat itu. Nah kadang kita, bahkan saya sendiri baru sadar kalo benda-benda disekitar kita yang sering kita sentuh setiap saat bisa jadi sarang kumannya, hii atuut. Tangan kita adalah perantara yang paling mungkin menyebarkan kotoran ke wajah, jadi pastikan benda-benda yang sering di genggaman dalam kondisi bersih. Dan jangan latah megang-megang muka terus. Benda apakah itu? Saya juga baru tersadar dan sangat tersentak dengan kenyataan itu.. saya baca dari sini 
Benda-benda yang harus dalam keadaan bersih itu adalah kaca mata, handphone, kuas make up, dan sprei.

2. Saya Mengobati Jerawat dengan...

-Mengganti kosmetik, jangan pake yang oli based make up. Oil based aja gak boleh, apa lagi oli based  make up,,hahaha. Jadinya saya pake Nivea visage sparkling white. Tapi sekarang saya lagi gak pake apa-apa kalo gak pergi-pergi. Biarin muka saya netral sekalian, jadi pas jerawatnya sembuh, bisa langsung icip-icip whitening deh,,hahaha. Kejar target oktober mulus nih,, mas bob mau wisuda sih,,hihi

-Membersihkan wajah dengan seksama, tapi tidak dalam tempoh yang sesingkat-singkatnya loh ya. Habis make up, habis keluar rumah naik motor, bersihin muka hukumnya fardu 'ain alias wajib. Saya membersihkan wajah pake viva milk cleanser yang green tea. Oia masih kata mbak Mizha juga, milk cleanser ini harus dibersihkan dengan facial wash (FW) dulu baru kemudian dengan toner. Karena toner saja nggak cukup untuk bersihin sisa milk cleansernya. 

FW yang saya pakai sekarang adalah The Body Shop yang tea tree oil. Walaupun mehong hampir 90rebu dan sempet bikin saya kere, saya cukup puas karena isinya buanyak, 250 ml gitu hasilnya juga lumayan,, walaupun gak seketika mengusir jerawat, tapi halus banget rasanya kalo abis cuci muka, dan hidung saya walaupun pori-porinya masih lebar, tapi komedo udah gak pada nantang lagi, biasanya nongol banget putih dan kasar kalo disentuh hidungnya, sekarang udah jauh lebih halus.

Tonernya, saya pake Wardah pore tightening toner, yang kali ini adalah racunnya mbak Mizha, bukan mbak Arum,hehehe. Rasanya nyaman banget, adem lagi. Fungsinya untuk menutup pori yang semula terbuka, tapi bukan mengecilkan. Kalo perkara besar kecil sih itu takdir, yang penting selalu bersih.

-Obatin Jerawat
Dari hasil kepo sana sini, yang saya percayakan pertama kali untuk menangani jerawat saya adalah Sariayu intensive acne care. Botolnya imut tapi pas dipake rasanya amit,, Banget-banget saya saranin pas pertama kali pake ini harus sedikit aja, karna pengalaman saya, saya pakenya kebanyakan dan rasanya panas banget mungkin karena bahan aktifnya sulfur dan champor ya, perih pula di mata, padahal pakenya di pipi, alhasil pipi saya langsung merah loh baru beberapa menit. Tapi ini efektif untuk jerawat besar yang ada matanya, 2-3 hari jerawatnya langsung kering dan matanya udah lepas. Pakenya di spot yang berjerawat aja ya.

Karena transfomasi jerawat yang udah saya ceritain, dan karna intensive acne care nya mulai habis,, saya berpikir untuk pake yang Sariayu Lotion Jerawat. Pikir saya, jerawatnya kan udah gak gede-gede melainkan jerawat kecil tapi banyak, mending saya ganti lotion supaya lebih ringan kandungannya,, dan memang  intensive acne care gak bisa efektif membasmi jerawat baru saya. Lotion ini saya pake semuka sebagai pengganti toner gitu niatnya untuknya pencegahan juga. Saya pake pagi dan malem, sebangun tidur saya cuma bersihin muka pake FW yang waktu itu clean and clear. Dan kemudian petaka dimulai,, Muka saya malah bruntusan gak jelas, jerawat kecil-kecil numpuk di pipi. Frustasi? jelas!! 

Mungkin yang terjadi adalah karena lotion itu cairannya ada butiran-butiran entah sulfurnya entah apa, dan pakenya saya bawa bobok, gak saya bersihin pake milk cleanser pula, jadilah butiran itu menyumbat pori-pori saya sehingga melahirkan bruntusan tersebut. Mungkin lho ya,, saja juga gak tau ilmunya.

Barulah saya mulai menaruh harapan pada TBS tea tree oil FW dan Wardah pore tightening yang udah saya ceritain di atas.

-Menjaga Kebersihan benda-benda yang paling sering kontak dengan tangan saya. Kali ini saya sudah menjadi sangat lebay disebabkan oleh jerawat. Saya jadi selalu mikir kalo mau megang apapun, buka pager, pegang helm, pegang apa aja, saya ngerasa harus cuci tangan, itu parno sekali tjeman tjeman. Untuk memastikan semuanya bersih, saya memutuskan untuk menggunakan dettol antiseptik desinfektan untuk mencuci handphone, kuas make up, kunci kos, kunci motor, kunci mobil *eh gak punya, bahkan laptop, mousenya, dan gagang pintu menjadi korban ke-lebay-an saya. Begini cara saya melakukannya : 


 Siapkan Dettol antiseptik desinfektannya, semangkuk air bersih, dan kapas*yang banyak.


 Tuangkan dettol secukupnya, gausah se tutup botol karna itu cukup buat se-ember mandi.
Habis itu celupkan kapas bersih, peras, dan bersihkan barang yang ingin dibersihkan dengan di elap-elap*untuk elektronik. Kalo kunci dkk boleh dicelupin langsung.
Ganti kapas ketika akan mencelupkan ke air lagi.


Siapkan, boleh kain, tissu, atau kertas yang bersih sebagai alas untuk meniriskan benda-benda yang sudah dibersihkan.

Dettol ini juga saya pakai untuk mandi,, saya inget dulu saya pernah herpes gak sembuh-sembuh sampe ke rumah sakit berobatnya, ternyata saya gak cocok sama air di kosan yang lama tapi baru bereaksi dengan herpes setelah hampir setahun di sana. Dokter pun merekomendasikan dettol untuk dicampur dengan air mandi saya, Masalah selesai gitu aja, saya gak herpes lagi.

Nah setelah saya pindah kos, saya emang udah gak pernah herpes lagi walaupun saya mandi tanpa dettol. Tapi bebrapa bulan ini saya jerawatan terus, bisa jadi kan karna saya mulai gak cocok sama airnya lagi. Apapun itu saya mau mandi pake dettol lagi, mau nyuci handuk dan sprei saya pake dettol juga. Segeralah minggat jerawaaaat.

-Berprasangka baik. Buat apa susah buat apa susah susah itu tak ada gunanyaa... yups kaya lirik lagu ini, bersusah-susah itu tidak baik tjeman. Memang ada kalanya kita dilanda kesusahan, tapi hadapilah dengan berlapang dada, percayakan semuanya pada Allah yang membuat rencana. Tugas kita hanya melakukan yang terbaik. Ikhlas akan membuat kita jauh lebih bahagia.

-Tidur tidak lebih dari jam 10 pm

Oke sekian dulu posting yang panjangnya membabi buta ini,,
Semoga bermanfaat buat yang membaca
Ditunggu komennya yaa.. saya butuh saran untuk membasmi jerawat ini
Dan diakhir kalimat, mari sama-sama mendoakan agar wajah saya kembali seperti ini..hihihi
aamiiin
ma'aciii tjeman tjemaaaan
wassalamu'alaikuum


12 komentar:

  1. Gyaaaa....kucingnya lucuuuu. emeessss *malah merhatiin kucingnyaaaa*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hyaaa mbak jeng arum,, kalo gitu saya bikin byuti blog khusus kucing aja ya,,hihihi mana lagi shampo kucing saya wangi vanila,, tunggu reviewnya ya. ahahaha

      Hapus
  2. ya ampuun kucingmu lucuuu bgt din >.< jd kangen pto" brg kucing q, iy tuh klo sering begadang malah jrwt suka muncul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya shan,, suka pengen post tentang kucing ku tapi takut sedih inget dia udh diadopsi orang lain.
      kayaknya obat jerawat yang ampuh buatku adalah nyelesein skripsi nih,,ahaha

      Hapus
  3. Selamat pagi miss...
    Perkenalkan saya vina, saya sedang melakukan pengumpulan data responden yang menggunakan produk The Body Shop dan Martha Tilaar untuk skrips saya... Kebetulan saya nemu blognya miss dan setelah saya baca miss berpengalaman menggunakan berbagai cosmetic brand... Kalau miss bersedia saya ingin minta waktu miss sebentar untuk isi skala saya di link berikut
    The Body Shop http://goo.gl/El1rcC
    Martha Tilaar http://goo.gl/gGeSpE
    Terimaksih ya miss :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya isi kuesionernya yaa. Semoga sukses :)

      Hapus
  4. kak dinii,, aku mau tanya dong
    kalo bruntusan gitu, baiknya diapain ? aku udah lama bruntusannya, ngga hilang2.
    sedih rasanya kak.
    mohon bantuannya ya kak :)

    BalasHapus
  5. wah,bersih ya wajahnya.Aku juga pake paket obat jerawat untuk hilangkan jerawat ku

    BalasHapus
  6. Gue bahkan cuci muka pake dettol... dan bruntusan guepun lenyap satu persatu.... :D

    BalasHapus

Halloo,, Terima kasih sudah mampir, Jangan lupa tinggalkan nama yaa